SMPENSA YESS

"YOUNG, EXCELLENT, SMART, SUSTAINABLE"

GURU SMP NEGERI 1 SUNGAI LILIN

GURU SMP NEGERI 1 SUNGAI LILIN

Pages

Minggu, 07 Februari 2010

METODE PEMBELAJARAN EFEKTIF

METODE PEMBELAJARAN EFEKTIF

Metode Pembelajaran Efektif antara lain :
1). METODE DEBAT. Metode Debat merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa. Materi ajar dipilih dan disusun menjadi paket pro dan kontra.
2). METODE ROLE PLAYING. Suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui penjelasan imajinasi dan penghayatan siswa yang dilakukan dengan cara memerankannya sebagai tokoh hidup/benda mati.
3). METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING). Penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan jalan melatih siswa menghadapi berbagai masalah baik itu masalah pribadi,perorangan maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama.
4). METODE PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION). Metode yang memusatkan pada masalah kehidupannya yang bermakna bagi siswa. Peran guru menyajikan masalah mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog.
5). METODE STUDENT TEAMS -ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD). Siswa dikelompokan secara heterogen kemudian siswa yang pandai menjelaskan anggota lain sampai mengerti.
6). METODE PICTURE AND PICTURE. Metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis.

0 komentar:

Posting Komentar

FORMULIR KOMENTAR

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.